MUDIK DALAM PELAJARAN SMA

05.40 itu angka yang ada di jam tanganku ketika aku menghangatkan badanku dengan secangkir kopi di warung kopi depan pom bensin yang kata bapak penjualnya saya sedang ada di daerah Garut, jawa barat. Hawa dingin dalam perjalanan motor itu sangat menusuk tulang, membuat tangan ini bergetar kencang, terpaksa aku memarkirkan motor di depan warung itu. Perjalanan itu memang harus saya lalui untuk menemani bapak saya melakukan aktivitas rutin tahunan yang banyak orang rantauan juga melakukannya biasanya dikenal dengan istilah Mudik.

Seperti adegan film kartun yang muncul lampu pijar yang ada di atas kepalanya, tuing. Aku memiliki ide untuk menulis sebuah tips Mudik yang aman berdasar pada pelajaran-pelajaran SMA yang aku terima. Beberapa tips ini ternyata terapan dari ilmu-ilmu yang di ajarkan saat saya SMA dulu. Ilmu-ilmu tersebut antara lain adalah :

  1. Ilmu agama, yang mengajarkan kita berdoa terlebih dahulu sebelum mudik, agar perjalanan kita lancar sampai tujuan.
  2. Pelajaran Penjaskes (pendidikan jasmani dan kesehatan), bagi para pemudik yang naik motor, pelajaran ini sangat penting yaitu untuk melakukan pemanasan sebelum naik motor, dan menjaga asupan makanan kita dalam perjalanan, contohnya : ketika saya ngantuk saya minum kopi dan merokok beberapa batang untuk menghilangkan kantuk dalam perjalanan saya.
  3. Pelajaran PPKn, hal ini teringat dengan pertanyaan yang ada di test pelajaran PPKn yaitu “kalau ada orang tua ingin menyebrang jalan kita harus…” dan jawabannya adalah membantunya, nah dalam perjalanan Mudik kita harus tetap saling menghargai penguna jalan (khususnya yang pakai kendaraan pribadi)
  4. Ilmu ekonomi, ilmu ini bisa kita terapkan untuk menentukan kendaraan apa yang akan kita gunakan saat mudik, ketika uang kita hanya cukup untuk kereta ekonomi, kita tidak usah memaksakan diri naik kereta eksekutif kawan. Usahakan pula berjualan saat mudik karena dengan itu anda telah menerapkan prinsip ekonomi yakni pengeluaran sekecil-kecilnya dan pendapatan sebesar-besarnya. 😀
  5. Ilmu fisika, ini sangat membantu sekali bagi anda yang mengunakan kendaraan pribadi, karena ilmu ini yang akan anda gunakan ketika menyalip kendaraan lain, jadi anda akan mempertimbangkan kecepatan yang digunakan, jarak tempuh yang di salip, hingga berat yang ada di kendaraan anda ketika menyalip kendaraan lain agar aman.
  6. Ilmu antropologi dan sosiologi, ini terkadang di gunakan untuk berinteraksi sesama penumpang atau orang-orang yang kita singgahi saat beristirahat dalam perjalanan, agar kita bisa bergaul dengan mereka, setidaknya kita bisa jaga diri ketika mengetahui siapa orang yang ada disamping kita.

Demikian tips yang saya buat, terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: